Rabu, 19 April 2017

Apa Itu Antioksidan?

Source: http://www.kolomsehat.com/apa-itu-antioksidan-dan-apa-fungsinya/

                     Antioksidan, pasti sudah familiar dong sama kata ini? Kalian tau gak sih apa yang dimaksud dengan antioksidan? Dan sebenernya apa sih fungsinya? Yuk kita kenali lebih lanjut tentang zat ini.
                     Antioksidan merupakan zat yang bermanfaat untuk menghambat serta mencegah proses oksidasi. Antioksidan merupakan penetralisir dari terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas kemudian melemahkan tubuh dengan cara menyerang organ dan sel, lalu berkontribusi memunculkan berbagai penyakit seperti Alzheimer, kanker, jantung koroner, stroke, arthritis dan osteoarthritis, serta katarak. Itu sebabnya peran antioksidan diperlukan dalam hal ini karena dapat menghambat oksidasi walaupun dalam konsentrasi rendah.
                     Antioksidan berdasarkan asalnya terbagi menjadi 2 jenis, antioksidan yang didapat dari tubuh atau dikenal dengan sebutan endogen dan antioksidan yang didapat dari luar tubuh atau eksogen. Sedangkan berdasarkan sumbernya, antioksidan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu: antioksidan alami dan antioksidan sintetik. Antioksidan alami dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan berkayu.
            Berdasarkan mekanisme kerjanya, antioksidan dibedakan jadi antioksidan primer, antioksidan sekunder, dan antioksidan tersier. Antioksidan primer yang bereaksi terhadap radikal bebas dan menstabilkannya. Antioksidan sekunder atau antioksidan preventif yang berguna mengurangi laju awal dari suatu reaksi rantai. Antioksidan tersier berfungsi memperbaiki kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.
            Wah ternyata antioksidan itu penting sekali ya untuk kita, apalagi untuk kesehatan kita. Kebayang gak sih kalo antioksidan tidak ada, apa yang akan terjadi dengan tubuh kita jika dihadapkan dengan radikal bebas? Wah gak deh. Lagi dan lagi, jangan pernah bosan hidup sehat!

Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Antioksidan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar